Kurikulum

Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang adan diberikan kepada peserta didik dalam satu periode jenjang pendidikan. Struktur kurikulum Insan Cendekia didesain khusus untuk memberikan pelayanan yang maksimal terhadap perkembangan kompetensi yang dimiliki murid, agar murid dapat ditumbuhkembangkan secara benar dan tepat kearah penguasaan IPTEK dan IMTAQ secara seimbang di bawah pengawasan (quality control) langsung dari LAPSIG-ICMI yang disesuaikan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo.

SMP Insan Cendekia Sukoharjo untuk Tahun Pelajaran 2017/2018 menggunakan kurikulum KTSP 2013 untuk kelas VII dan KTSP 2006 untuk kelas VIII dan IX ,sebagai acuan pembelajaran murid yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Kurikulum SMP/MTs memuat 10 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah yang termasuk keunggulan daerah. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
  2. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SMP merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”.
  3. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 menit.
  4. Kegiatan Belajar Mengajar setiap hari Senin-Sabtu.
  5. Kegiatan ekstrakulikuler dan pengembangan diri dilaksanakan pada hari sabtu.
  6. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.